≡ Menu
Pantai Kuta Bali - Landscape

Pantai Kuta sebagai salah satu obyek wisata di Bali amat terkenal hingga ke ranah internasional. Percaya atau tidak, masih banyak masyarakat luar negeri yang tidak tahu tentang Indonesia namun tahu sepenuhnya tentang Bali. Serangan dua kali bom terhadap pulau ini, sekalipun menyedihkan, namun berhasil membuka mata internasional bahwa Bali hanyalah satu dari ribuan pulau yang ada di Indonesia.

Bicara tentang Bali dan Pantai Kuta, hal yang pertama terlintas dalam pikiran adalah keindahan lautnya yang luar biasa. Selain keindahan alam, yang menjadi daya tarik Pulau Dewata adalah kearifan lokal serta keramahan penduduknya yang jarang dijumpai pada komunitas lain.

Kuta yang terletak di Kabupaten Badung sebenarnya adalah lokasi pelabuhan untuk perdagangan. Barang-barang lokal dari Bali dijajakan kepada pembeli-pembeli yang singgah dari luar negeri. Yang pertama-tama meramaikan Pantai Kuta dengan tempat-tempat dagang adalah Mads Lange dari Denmark dan Hugh Mahbett dari Belanda pada awal abad 19. Orang yang disebut terakhir inilah yang berjasa menginspirasi banyak orang akan keindahan Pantai Kuta lewat bukunya “Praise to Kuta”. Sejak tahun 1970-an, Pantai Kuta bertransformasi menjadi lokasi wisata yang menjadi jujugan para turis domestik dan mancanegara.

Sebagaimana layaknya tempat wisata internasional, di Kuta banyak berdiri kawasan penginapan, perbelanjaan, restoran, maupun tempat menjemur diri. Untuk mencapai Pantai Kuta sama sekali tidak sulit. Hanya sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Transportasi yang digunakan bisa memilih antara bus, taksi, atau kendaraan pribadi. Biaya untuk parkir kendaraan pribadi hanya sekitar Rp 5.000, sedangkan harga angkutan umum sekitar Rp 10.000.

Pantai Kuta amat terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbenamnya. Ombaknya yang cukup bagus juga sangat baik untuk bermacam olahraga air. Adanya pemandangan bawah laut yang menakjubkan juga sangat diminati oleh para wisatawan penjelajah laut. Selain itu, Kuta juga terkenal dengan program penangkaran penyu yang digalakkan oleh pemerintah.

Pada siang hari, Pantai Kuta akan dihiasi dengan pemandangan turis-turis yang berjemur di bawah sinar matahari atau melakukan olahraga air. Pada malam hari, pengunjung dapat memilih dua macam hiburan, menikmati upacara-upacara adat yang masih sering digelar di Bali atau mendatangi tempat hiburan malam yang glamor di Jalan Legian.

Selain Nusa Dua, Pantai Kuta kini merupakan ikon pariwisata di Bali. Tidak tanggung-tanggung, jumlah wisatawan yang datang ke Bali per tahun diperkirakan sejumlah 81.250 orang. Tidak salah jika Bali mendapat predikat World’s Best Island dari majalah “Travel and Leisure” pada 2009, runner up Best of Travel 2010 dari “Lonely Planet’s”, serta dipercaya untuk menjadi tuan rumah ASEAN Summit 2011. Bali bahkan dengan sukses menyelenggarakan ajang bergengsi Miss World pada 2013. Dengan semua prestasi ini, tidak berlebihan jika kita menyebut Bali sebagai wajah pariwisata Indonesia.